Selasa, 01 April 2014

Tugas 1 ERP - Aplikasi ERP pada tempat kerja dan meringkas blog mahasiswa erp sebelumnya


No 1
Saya bekerja disalah satu perusahaan di Bogor. Perusahaan ini bergerak di bidang formulasi pestisida. Aplikasi ERP yang digunakan pada perusahaan saya  ialah menggunakan software Pro-Int.  Untuk versinya sendiri saya sudah coba bertanya tapi saya tetap tidak dapat mengetahuinya. Menurut informasi yang saya dapatakan, Pro-int ini merupakan suatu software yang dibuat oleh PT Pro-Int Dinamika. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1996 , Pro - Int didirikan dengan tujuan untuk menggabungkan manajemen dan TI. Pro- Int adalah penyedia terkemuka solusi aplikasi bisnis dan software-related services di Indonesia. Dengan pengetahuan yang luas dalam bidang akuntansi , keuangan , manajemen, sistem manajemen mutu dan IT , PT Pro-Int Dinamika telah berupaya untuk memanfaatkan teknologi secara optimal untuk kepentingan bisnis sehingga kita fokus pada membangun solusi bisnis. Penciptaan software ini juga ditujukan untuk mengotomatisasi alur kerja dan menciptakan kesederhanaan dalam situasi yang kompleks dan lingkungan yang menantang.
            Jumlah modul utama yang digunakan untuk satuan keseluruhan sistem di dalam manufacturingnya mungkin ada lebih dari tiga modul. Akan tetapi hanya ada tiga jenis modul untuk area cakupan plant tempat saya bekerja yaitu modul logistik, finance, dan production. Diantara modul-modul tersebut masih terbagi-bagi lagi kedalam sub-sub modul seperti misalnya didalam modul logistik terdapat modul quality control incoming dan didalam modul production terdapat modul quality control process. Namun untuk akses keterbukaan modul-modul ini tidak semua jalur dapat melihat data dan mengubah-ngubah informasi. Untuk departemen-departemen yang memiliki hubungan keterkaitan terhadap pekerjaannya, modul ini sifatnya terbuka. Akan tetapi jika tidak ada keterkaitannya, maka modul-modul tersebut tidak dapat dilihat.
            Penggunaan dari software Pro-Int ini di perusahaan kami baru dilakukan sekitar tujuh tahun terakhir ini. Banyak Keuntungan yang didapat dari penggunaan software pro int ini. Dilihat dari sisi manajemen Payrollnya dapat menyederhanakan proses yang kompleks dan aman menangani data rahasia, Fleksibel mendefinisikan semua komponen gaji dan mengotomatisasi perhitungan upah serta dapat menghasilkan slip gaji dalam bentuk hard / soft copy dan cepat mentransfer gaji vie e –banking. Dari sisi perpajakan dapat membantu menghitung secara akurat pembayaran pajak bulanan dan tahunan menggunakan ' Gross - up ' , ' Bersih ' dan ' Mixed ' metode , dan mempersiapkan bentuk mandatory.
Secara umum keuntungan yang didapat oleh perusahaan setelah menggunakan aplikasi ERP adalah proses yang terjadi didalam sistem manufacturing jauh lebih baik dan memudahkan dalam melakukan interaksi. Sistem pengendali juga dapat dipantau dengan jauh lebih baik dan terkontrol. Kekurangannya adalah jika penginputan data terlambat pada beberapa departemen akan sangat berpengaruh terhadap departemen lainnya yang pada akhirnya akan mengganggu berjalannya sitem di dalam manufacturing itu sendiri.
            Jika perusahaan saya belum menerapkan aplikasi ERP, sama seperti tujuh tahun yang lalu. Sistem yang digunakan ialah penginputan data secara manual. Pengelolaan informasi dalam pembelian, penjualan, dan HRD menggunakan sistem manual dengan  microsoft excel. Sistemnya masih belum dapat terintegrasi secara otomatis jadi tetap harus menggunakan media komunikasi data secara biasa. Kelemahan sistem ini jauh lebih parah dibandingkan dengan menggunakan aplikasi ERP. Karena sistem pengendalian kendalinya tentunya jauh lebih sulit karena harus melakukan pengecekannya secara satu persatu dan jauh lebih teliti.
No.2
Blog tersebut berisi tugas-tugas ERP dari tugas 2 hingga tugas 8. Inti dari blog tersebut adalah seorang makoto kino melakukan suatu proses bisnis dimana proses tersebut harus dilakukan dengan menggunakan suatu software bernama adempiere. Sebelum melakukan instalasi software adempiere, ada beberapa software yang dapat kita gunakan untuk mempermudah kita diantaranya adalah BB Flashback Express Recorder terlebihdan Bizagi. Blueberry Flashback adalah program perekaman layar berbasis windows, didistribusikan oleh software Blueberry. Software ini memungkinkan pengguna untuk menambahkan efek teks, memotong dan menyisipkan cuplikan film dan mengedit gerakan mouse. Rekaman layar dapat di ekspor ke Flash, AVI, WMV, format PPT atau EXE sedangkan Bizagi adalah aplikasi yang digunakan untuk diagram,dokumen dan mensimulasikan proses menggunakan business process modelling notation.
 Cara mengistal software adempiere yaitu dengan   menginstal Java,  Instal PostgreSQL,  Setting Konfigurasi Environment Variable,  Setting Konfigurasi PostgreSQL, Setup Adempiere, dan  Running Adempiere. Bisnis proses yang pertama kali dilakukan adalah bisnis proses pajak. Landasan teori yang melandasinya antara lain adalah Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 23 yang berisi pajak yang dipotong atas penghasilan yang berasal dari modal, penyerahan jasa, atau hadiah dan penghargaan, selain yang telah dipotong PPh Pasal 21.  Dari situ kemudian kita melakukan transaksi bisnis. Dalam blog ini, makoto kino berperan dalam modul pembelian. Segala aktivitas yang berhubungan dengan pembelian dilakukan disini. Ada 6 poin penting yang harus dilakukan dalam bagian ini yaitu pertama-tama staf pembelian membuat dokumen pesanan yang akan dibeli berdasarkan permintaan yang diajukan, staf gudang menerima bahan dari vendor , staf akuntansi mendaftar faktur vendor yang masuk dan melakukan pembayaran, staf produksi membuat barang jadi dari bahan yang tersedia, staf pengiriman melakukan pengiriman barang jadi kepada pelanggan, dan staf akuntansi menciptakan dokumen faktur untuk pelanggan.
Rekaman-rekaman data yang diperoleh dari proses binis tersebut selanjutnya kita gunakan untuk mereview proses yang terjadi dalam transaksi bisnis yang telah kita lakukan melalui transaksi bisnis perbaikan. Setelah transaksi bisnis yang telah dibuat perbagian section telah selesai. Barulah kita bisa memasukan modul tersebut ke dalam integrasi sistem yang mana nantinya kita akan kelola dan pantau secara bersama-sama di dalam sebuah perusahaan yang akan kita buat. Dalam hal ini diolah dalam suatu software Enterprise Resource Planning bernama adempiere. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar